Jumat, 13 Januari 2012

Sekolah Serba Gratis di Kabupaten Baru

Saya berpose di depan kelas.
Program Pemda Kabupaten Kayong Utara (KKU) memberikan pendidikan gratis dan kesehatan gratis berdampak positif bagi masyarakat Kecamatan Pulau Maya. Pasalnya selama ini masyarakat sedikit punya kesempatan untuk memperoleh pendidikan gratis dan kesehatan.

Munculnya sosok Hildi Hamid sebagai Bupati pertama KKU membawa perubahan yang signifikan. Dulu masyarakat susah sekolah, sekarang tidak ada lagi untuk tidak bersekolah, karena dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) gratis semua tanpa bayar.

Pendidikan gratis itu bukan hanya sebagai ucapan belaka namun realita. Para siswa datang ke sekolah dapat diartikan tanpa uang sepersenpun. Mulai dari baju seragam, batik, dan pramuka, mereka diberikan oleh pihak sekolah yang tentu saja petunjuk teknis (juknis)-nya dari Pemda.

Tidak hanya dari situ, mereka berhak mendapatkan beasiswa dari pemerintah pusat, sehingga secara otomatis kondisi masyarakat sangat terbantu.

Pelayanan kesehatan juga demikian. Semua mendapat pelayanan prima dan para pegawai memberikan pelayanan yang profesional walaupun semua gratis. Masyarakat diberi pelayanan kesehatan gratis dengan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) atau Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) tanpa bayar apapun.

Program pemeritah ini dapat diibaratkan dua sisi mata uang logam. Kesehatan dan pendidikan harus seimbang. Kalau masyarakat sehat, maka kemauan sekolah tentu tinggi atau sebaliknya pendidikan memadai dapat memahami arti kesehatan itu sendiri. (Benyamin Mali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar